Pedoman Memotret Makanan agar Terlihat Memikat

Makanan menjadi salah kepala produk yang mendulang keuntungan pada masa pandemi. Badan Pusat Statistik (BPS) juga mencatat, penjualan online tertinggi dipegang sektor makanan dan minuman yang melonjak tajam hingga 1. 070 persen.

“Setelah melewati masa sulit selama mula pandemi, kini kami melihat bisnis makan dan minuman (F& B) mulai menunjukkan tren peningkatan. Seluruh orang memilih untuk di vila saja dan terbentuklah kebiasaan pertama, ” kata Bedi Zubaedi, Pemimpin Asosiasi Pengusaha Kuliner Indonesia (APKULINDO), dikutip Jumat 18 Desember 2020.

Foodblogger Windy Iwandi membagikan beberapa tips agar foto makanan tampak lebih menarik.

Bersahabat dengan jendela : Kunci utama fotografi merupakan cahaya yang cukup. Sebisa kira-kira dapatkan cahaya alami dari cahaya matahari. Namun, memanfaatkan cahaya sejak lampu juga tetap bisa membantu.

Pilih background yang netral untuk menciptakan kesan clean : Persiapkan latar foto dengan warna netral atau satu warna seperti putih, cokelat, atau dengan motif semak agar foto lebih fokus di dalam penataan produk makanan di berasaskan meja. Cukup gunakan peralatan dengan ada di rumah ya, sesuai kain serbet, peralatan makan, ataupun bahkan nampan kayu yang ada di dapur.

Lihat Juga

Manfaatkan tustel handphone : Tidak perlu khawatir jika tak memiliki kamera canggih seperti DSLR karena smartphone yang ada kini sudah sangat canggih. Pelajari mode & fitur yang terdapat dalam smartphone masing-masing. Tonton tutorial dan tips dengan disediakan di platform online .

Close Up: Kita perlu memperlihatkan detail dari makanan agar pesan yang ingin disampaikan dari makanan tersebut tersampaikan dengan baik. Karena sebab itu, pengambilan gambar dengan program Close Up menjadi salah satu dengan paling sering dan mudah buat dilakukan. Usahakan untuk tidak blur ketika mengambil gambar dengan metode ini.

Mainkan Warna Makanan : Pastinya sebuah foto akan lebih menarik setelah diberikan sentuhan editing . Tidak perlu editing terlalu berpenat-penat, cukup buat warna makanan lebih hidup dan tetap natural. Kita bisa menggunakan beberapa aplikasi editing sesuai VSCO, Light Room, Snap Seed, dan lainnya.

“Fotografi adalah satu diantara skill yang sangat penting bagi semua lini bisnis, di mana cerita dituangkan menjadi sebuah foto penuh makna. Bagi bisnis kuliner online , foto produk makanan yang menggugah selera sangatlah krusial untuk memikat minat konsumen untuk membelinya, ” tutup Windy.