Astronom Temukan Gambar Hantu di Sungguh Angkasa

VIVA   –  Anna Kapinska menemukan objek menarik saat menelusuri keterangan astronomi radio. Ia memperhatikan bentuk yang sangat aneh yang tak bisa dikelompokkan dengan mudah ke semua jenis objek yang dikenal.

Dikutip dari kedudukan Space , Rabu, 16 Desember 2020, ia menjumpai sebuah gambar lingkaran seperti hantu dalam bentuk emisi radio nongkrong di luar angkasa seperti cincin asap kosmik. Pemandangan seperti ini belum pernah ada sebelumnya.

Baca: Presiden Donald Trump Sembunyikan Alien

Beberapa keadaan kemudian, Emil Lenc menemukan kelompok hantu yang kedua, bahkan lebih menyeramkan daripada yang pertama.

Anna dan Emil sudah memeriksa gambar dari pengamatan untuk proyek Evolutionary Map of the Universe (EMU), yang dibuat dengan teleskop Australia Square Kilometre Array Pathfinder (ASKAP).

EMU berencana menyelidiki bagian-bagian alam seluruh yang belum pernah terjamah teleskop. ASKAP sendiri mampu mensurvei beberapa besar langit dengan sangat lekas, menyelidiki hingga kedalaman yang sebelumnya hanya dicapai di area udara yang kecil, dan sangat terbuka terhadap objek yang samar serta tersebar seperti ini.

Tim mencari sisa data dengan mata dan menemukan beberapa gumpalan bulat misterius. Itu dijuluki dengan odd radio circles (ORC), yang merupakan singkatan dibanding lingkaran radio aneh.

Awalnya dicurigai sebagai kesalahan unit lunak. Tapi kemudian mereka memastikannya menggunakan teleskop radio lain. Itu masih tidak tahu seberapa gede atau jauh objek itu.

Bisa jadi ada dalam galaksi kita, mungkin beberapa tarikh cahaya, atau bisa jadi jauh di alam semesta dan barangkali jaraknya jutaan tahun cahaya. Lapisan aneh itu juga bukan sisa-sisa supernova.

Mereka jauh dari sebagian besar bintang yang ada di Bima Sakti dan jumlahnya sangat banyak. Sejauh ini diperkirakan ada sekitar 1. 000 ORC di langit.

Halter Koribalski ikut mencarinya dengan teleskop yang ada di seluruh dunia, untuk menemukan lebih banyak ORC dan memahami penyebabnya.