Substansi Bill Gates Disalip Elon Musk, Gara-gara Sering Beramal

Pendiri Microsoft Bill Gates telah lama menjadi orang terkaya dalam dunia. Namun, pada tahun 2017 posisi Gates direnggut oleh pejabat Amazon Jeff Bezos hingga ia menjadi orang terkaya kedua di dunia. Tetapi hari ini, kepala Tesla Elon Musk telah menyalip kekayaan Bill Gates.

Harga saham Tesla yang tetap meningkat hingga melonjaknya valuasi kongsi mobil listrik kebanggan Musk membina pundi-pundi pria 49 tahun itu terus meningkat. Bahkan, menurut Bloomberg Billionaires Index saat ini kapital Musk berada di angka USD136 miliar (Rp1. 930 triliun). (kurs Rp14. 197/dolar)

Sementara itu, kekayaan Gates hari ini hanya meningkat sedikit ke nilai USD129 miliar (Rp1. 831 triliun). Dilansir dari New York Post di Jakarta, Rabu (25/11/2020) sejatinya kebesaran Gates bisa lebih dari barang apa yang ia miliki sekarang apabila ia tidak beramal.

Sebagaimana diketahui, Gates banyak melakukan amal melalui yayasannya Bill & Melinda Gates Foundation. Sudah begitu banyak uang yang dirogoh oleh Gates untuk ulah kemanusiaan. Sementara Musk dan Bezos terpantau masih sangat sedikit menggunakan uangnya untuk filantrofi.

Lihat Juga

Sementara Gates telah mengeluarkan sekitar 10-20 persen dari total kekayaannya untuk kebijakan. Selain itu, bersama Warren Buffett, Gates mencetuskan program Giving Pledge, di mana para orang terkaya diharapkan menyumbangkan sebagian besar uangnya secara bertahap.

Biar demikian, Musk adalah salah kepala anggota dalam program Giving Pledge, walau belum terdengar kabar filantropinya. Tetapi pada tahun 2018, Musk pernah berjanji akan menyumbangkan saham Tesla senilai USD 100 juta untuk amal.

Lihat artikel asli