Pelik, Padamkan Kebakaran Hanya Lewat Jinjing

VIVA   –  Penting bagi siapa pun memiliki pengetahuan untuk bisa memadamkan api sejak tahap sebelum si jago merah itu meluas sehingga sulit untuk ditanggulangi. Kini, sudah banyak teknologi kreatif untuk mencegah berkembangnya kebakaran menjelma besar.

Salah satunya PT Ziegler Indonesia. Sebagai pemimpin pembuat kendaraan pemadam kebakaran, kongsi yang berbasis di Jerman ini terus berinovasi menghadirkan produk-produk organ pemadam kebakaran sesuai pesanan ( custom ) karena diklaim mampu beradaptasi dengan kelanjutan teknologi, zaman serta kebutuhan.

Baca: 4 Petunjuk Menarik Robot Pemadam Milik Pemprov DKI

Mengawali kuartal III 2020 ini, mereka merilis produk instrumen pemadam kebakaran teranyar, Ziegler Fire Truck SLF 40/50-10+250P, yang diperuntukkan bagi industri minyak dan udara (migas).

Kepala Operasional PT Ziegler Indonesia, Prasada Cerdik pandai, mengaku mengkhususkan diri untuk memproduksi dan memasarkan kendaraan pemadam kebakaran custom yang unit pertamanya hadir dalam Indonesia sejak 1983.

Ia mengungkapkan, Ziegler Fire Truck SLF 40/50-10+250P merupakan yang tercanggih saat ini di Indonesia, dalam mana sistem fire fighting , yang terdiri sejak fire hydrant, fire sprinkler dan fire alarm sistem , yang dioperasikan secara komputerisasi dan pengoperasian dua pompa yang bersaingan dengan daya jangkaunya minimal 60 meter.

“Perbedaan pasti jika dibandingkan dengan kendaraan pemadam kebakaran yang ada saat tersebut terletak pada sistem fire fighting dengan harus terhubung ( interface ) dengan sistem jinjing, ” ungkapnya, Senin, 19 Oktober 2020.

Namun roman, harga satu unit Ziegler Fire Truck SLF 40/50-10+250P ini tidak disebutkan nilainya. Prasada juga mengungkapkan dalam waktu dekat truk tersebut akan dipakai oleh raksasa migas Amerika Serikat (AS), ExxonMobile Limited.

Di AS, tepatnya kota Los Angeles, truk pemadam kebakarannya sudah ditenagai listrik. Hendak mulai dioperasikan pada 2021, truk ini menjadi kendaraan pemadam kebakaran pertama di Amerika Utara yang punya mobil ditenagai oleh nonmigas yang diproduksi oleh Rosenbauer, sebuah perusahaan asal Austria.

Truk pemadam kebakaran ini ditenagai dua buah baterai dengan kapasitas 100 kilowat per jam. Secara tenaga sebesar itu truk bisa bekerja selama dua jam tunak. Satu unit truk listrik itu dibanderol US$6 juta atau sekitar Rp82, 6 miliar.