Punya Orbit Aneh, Suhu Planet Alien Panasnya Kebangetan

VIVA   – Sebuah satelit alien ditemukan dengan karakteristik lulus aneh. Sebab, obyek antariksa itu memiliki suhu sangat panas serta orbit yang aneh. Planet tersebut sudah ditemukan sejak 2018 dengan dinamakan WASP-189b. Obyek itu mempunyai ukuran cukup besar sama dengan 1, 6 kali dari radius Jupiter.

Lalu, Awak Antariksa Eropa (ESA) menemukan penemuan terbaru soal WASP-189b. Hasilnya planet itu memiliki suhu temperatur mencapai 3. 200 derajat celcius. Dengan panas tersebut bisa mengubah tukul menjadi gas.

Baca: Wow, Planet Tempat Susunan Alien Terbuat dari Berlian

Tersebut semua dimulai sejak Desember 2019, saat ESA meluncurkan Characterizing Exoplanet Satellite atau CHEOPS untuk menyelenggarakan pengamatan sains pada April lalu. Pengamatan CHEOPS itu menunjukkan WASP-189b mengorbit bintangnya dengan cepat, yaitu sama dengan 2, 7 hari Bumi.

Hal tersebut membuat planet menjadi super radang hingga nampak berwarna biru. “Hanya beberapa planet yang diketahui mengitari bintang dengan suhu sepanas itu dan paling terang, ” ungkap astrofisikawan dari Universitas Jenewa, Swiss, Monikal Lendl, seperti dikutip dibanding Space , Senin, 5 Oktober 2020.

Ia menambahkan pada waktu terang hari di planet itu benar terang akibat jarak dengan induk Tata Surya yang sangat dekat. Dengan begitu, menurut Lendl, mampu mengukur cahaya yang ‘hilang’ era WASP-189b melewati bintangnya.

Lendl mengungkapkan radang yang ada dalam planet itu berasal dari serapan cahaya dibanding pusat Tata Surya. “Nampaknya planet itu tidak memantulkan banyak terang dari bintangnya. Namun sebagian tinggi cahaya bintang diserap oleh planet, memanaskan, dan membuat (planet) menjadi lebih bersinar, ” jelasnya.