Daftar Fenomena Langit Sepanjang Pekan Ini

VIVA â€“ Selama satu pekan ke depan, luar angkasa akan menampilkan sejumlah fenomena langit. Misalnya saja, hari ini yang merupakan Fase Bulan Purnama.

Pusat Sains Antariksa LAPAN merangkum fenomena-fenomena itu dalam Kalender Astronomi September 2020. Dalam unggahan di akun Instagramnya, Pussainsa LAPAN menuliskan kejadian apa saja yang bisa dinikmati hingga akhir pekan ini.

Berikut Kalender Astronomi minggu pertama bulan September, dikutip VIVA Tekno dari akun Instagram Pussainsa LAPAN, Rabu 2 September 2020:

Fase Bulan Purnama

Fase ini memiliki nama lain yakni Bulan Jagung Penuh (Full Corn Moon) dan Bulan Jelai (Full Barley Moon). Ungkapan ini berasal dari tanaman jagung dan jelai yang sedang dipanen.

Puncak fase bulan purnama ini akan terjadi pukul 12.21.58 WIB. Fenomena ini bisa diamati di arah Timur-Tenggara sampai Barat-Barat Daya, dan terletak pada konstelasi Aquarius.

Konjungsi Bulan-Mars

Fenomena lainnya adalah Konjungsi Bulan-Mars, atau saat keduanya berada dalam posisi sejajar. Aktivitas ini akan terjadi pada tanggal 5 hingga 6 September 2020. Waktu puncaknya bervariasi tergantung wilayahnya, misalnya di Jayapura pukul 13:42:57 dan Sabang 11:43:04.

Baca juga: DPR Kembali Umbar Janji

Masyarakat Indonesia hanya bisa menyaksikannya tanggal 5 September 2020 pukul 21:00 WIB atau saat Mars berada di atas ufuk hingga 05:30 WIB 6 Agustus paginya dari arah Timur hingga Barat-Barat Laut. Lalu malam harinya, mulai 21:15 WIB (Bulan di atas ufuk) sampai keesokan harinya 5:30 WIB dari arah Timur hingga Barat-Barat Laut.

Okultasi Mars oleh Bulan

Fenomena ini terjadi saat Mars melintas di belakang Bulan pada tanggal 6 September 2020. Jarak keduanya lebih jauh dibandingkan jarak Bulan ke Bumi.

Okultasi Mars-Bulan terjadi pada tanggal 6 Agustus 2020 mulai pukul 09.25 WIB hingga 14.03 WIB. Negara di Asia Selatan dan Asia Tenggara mengalami fenomena ini saat Bulan dan Mars sudah berada di bawah ufuk sehingga tidak bisa menyaksikan fenomena ini.

Apogee Bulan

Bulan akan berada di titik terjauh dengan Bumi dan terjadi pada pukul 13:21:34 WIB. Bulan berada di konstelasi Pisces saat fenomena terjadi.