Indihome Telkom Pernah Tumbang, Gimana Telkomsel Orbit?

VIVA   –  Layanan internet broadband milik PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom, Indihome, tercatat menjalani down atau tumbang sebanyak tiga kala. Sementara, anak usahanya, Telkomsel, sudah meluncurkan layanan internet untuk vila berbasis modem wifi bernama Jalur pada awal Juli 2020.

Lantas, apakah Telkomsel Jalur juga mengalami masalah yang sebanding? Head of Home LTE Telkomsel, Arief Pradetya menuturkan, sejak diluncurkan utama bulan lalu saat ini total pelanggannya mencapai 10 ribu karakter.

Baca:   Punya Indihome, Kok Telkomsel Rilis Orbit Seharga Rp800 Ribuan?

“Ke depan kami sangat optimis pelanggan Telkomsel Orbit akan terus merayap. Hal ini dikarenakan bahwa jalan bisnis home LTE untuk tumbuh cukup besar dan sangat menjanjikan. Terlebih lagi penetrasi home broadband di Nusantara termasuk sangat rendah, atau hanya 15 persen, jika dibandingkan negara lain, ” kata dia pada VIVA Tekno , Selasa, 18 Agustus 2020.

Di sisi lain, membuka Arief, jumlah penduduk tetap pada Indonesia mengalami pertumbuhan, yang bermakna bahwa potensi market pun serupa akan tumbuh dan membesar. Pada samping itu, income per keluarga selalu diperkirakan tumbuh sehingga meningkatkan daya beli masyarakat, dan saat tersebut internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang.

Mengenai kendala, ia mengaku menerapkan konsep DIY, atau Do It Yourself . Arief mengklaim bahwa konsep ini masih baru di Indonesia, khususnya buat layanan internet rumah. “Untuk tersebut, kami pun memahami jika sedang terdapat pelanggan yang belum terbiasa dan masih ada yang merasai kesulitan melakukan aktivasi, ” jelasnya.

Dalam samping itu juga, Arief terus berupaya untuk melakukan upgrade aplikasi myOrbit agar bisa compatible dengan semakin penuh smartphone . “Kami juga tidak berhenti melakukan les kepada pelanggan, terutama untuk mengatur mereka melakukan aktivasi tanpa kudu berhadapan muka, ” papar dia.

Baca selalu:   Telkom Beberkan Penyebab Indihome Tumbang, Telkomsel Bagi-bagi Paket

Arief pun mengklaim jika pelanggan Telkomsel Orbit benar puas yang meliputi kecepatan, kestabilan, dan kemudahan penggunaannya. Sebagaimana diketahui, Telkomsel Orbit dirilis bersamaan secara masih adanya aktivitas dari rumah ( work from home /WFH). Layanan ini dijanjikan bisa menonton video streaming secara kualitas HD.

“Kita ingin pelanggan Orbit, at least , bisa menentang streaming video HD di adang-adang besar dengan lancar. Bagi saya itu basic experience yang ingin saya sampaikan, ” tutur Arief.

Ia juga menuturkan jika layanan Telkomsel Orbit berbeda secara internet kabel seperti Indihome. Menurutnya, pasar internet nirkabel masih lulus besar di Indonesia, dan di situlah Telkomsel Orbit akan fokus.

Telkomsel Orbit muncul dalam dua varian, yaitu Jalur Star dan Orbit Max. Orbit Star bisa terhubung untuk 32 perangkat sekaligus, sedangkan jumlah lebih besar yaitu 64 perangkat dengan simultan pada Orbit Max. Periode awal peluncuran ini, Orbit Star dibandeol Rp800 ribuan dan Rp2, 4 jutaan Orbit Max.