Marak Tipu-tipu di Online, Begini Tips Belanja yang Aman

VIVA   –  Biaya online di e-commerce atau marketplace bisa menjadi solusi efektif untuk meminimalkan keluar rumah agar selamat dari penularan COVID-19. Tapi, tanpa terlena, karena belanja online tak sepenuhnya aman. Baru-baru ini balik marak penipuan berkedok belanja online.

Salah satu dengan kerap dialami konsumen adalah penipuan deskripsi barang, yaitu penjual mengiakan barangnya original, padahal tidak. Dengan harga mahal yang harus dibayar, ternyata barang yang datang justru barang palsu atau tiruan. Public Relations Lead Shopee Indonesia, Aditya Maulana Noverdi, turut menyoroti hal tersebut.

Baca:   Konsumen Ketipu Beli Hard Disk Eksternal Merek Terkenal di E-Commerce

Menurutnya, sebagai channel e-commerce, Shopee memiliki tim operasional yang tetap memonitor situasi. “Apabila kami menjumpai ada seller yang menyalahi metode dengan menjual barang tipuan seolah-olah itu dan terbukti bersalah. Saya akan menindaklanjuti dengan tegas, hukumannya bisa berupa penutupan toko, ” ujarnya kepada VIVA Tekno , Rabu 12 Agustus 2020.

Lebih lanjut, Aditya mengatakan, jika ada salah satu konsumennya yang mengalami kejadian serupa maka dirinya menyarankan untuk segera menghubungi customer service, dengan memberikan pelayanan 24 jam.

“Apabila ada konsumen dengan mengalami kejadian serupa, bisa langsung menghubungi customer service 24 tanda Shopee, yang siap membantu serta disertai dengan bukti-bukti yang nyata untuk dibantu oleh tim kami, ” kata dia.

Aditya juga turut memberikan tips agar konsumen tak mengalami penipuan dan tetap aman saat berbelanja online. “Sebelum membeli terdapat beberapa indikator yang mampu diperiksa terlebih dahulu, ” paparnya.

Pertama, apakah seller memiliki reputasi yang baik. Apabila memiliki reputasi yang baik oleh sebab itu performa toko dan kecepatan zaman dalam membalas pesan atau chat biasanya berstatus sebagai Star Seller.

Menurut Aditya, berbelanja pada penjual berstatus Star Seller tentu memiliki kelebihan. Yaitu, performa toko yang baik serta bayaran aman dan nyaman. Selain itu masih ada yang harus diperhatikan.

“Perhatikan juga nilai yang ditawarkan, jangan langsung tergoda dengan harga yang terlampau gampang. Apabila menemukan seller dengan permintaan di luar batas normal, sebaiknya periksa dulu status seller itu, ” tutur Aditya.