Telkomsel Tawarkan Kuota Internet 10GB Tukar Rp10 untuk Para Siswa

VIVA   –  Pandemi Virus Corona COVID-19 mendesak masyarakat dunia, termasuk Indonesia buat beraktivitas di rumah. Tak terkecuali bagi para siswa hingga mahasiswa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan belajar jarak jauh masih diterapkan untuk Tahun Ajaran 2020/2021.

Hal ini dipertegas sebab Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, pada Juni lalu, dengan mengatakan hanya 6 persen madrasah yang boleh melakukan pembelajaran tatap muka sisanya dilarang.

Untuk mendukung program belajar tenggang jauh dari rumah, operator telekomunikasi Telkomsel menghadirkan inisiatif baru, yaitu Paket Ilmupedia E-learning Session yang menawarkan kuota internet sebesar 10GB dengan harga Rp10.

“Para pelajar dalam Indonesia diperkirakan masih perlu melangsungkan aktivitas belajar online. Kami selalu memahami keadaan yang membuat kanal internet sebagai kebutuhan pokok untuk para pelajar, orangtua, dan tenaga pendidik untuk menjamin kelancaran kegiatan belajar-mengajar online, ” kata Vice President Prepaid Consumer Telkomsel, Adhi Putranto, Selasa, 28 Juli 2020.

Ia melanjutkan, paket itu bisa digunakan untuk mengakses 10 platform edutech, e-learning dari sekitar 245 perguruan tinggi dan madrasah menengah di Indonesia, serta posisi penyedia materia belajar lainnya daripada berbagai tingkat pendidikan.

Sepuluh platform yang bisa diakses pengguna tingkat SD hingga SMA seperti Quipper, Zenius, Udemy, Kepala, Bahaso, Sekolah. mu, Ganeca digital, Kipin School 4. 0, ayoblajar, dan Aminin.

Selain itu situs e-learning lain yang bisa diakses dengan paket Ilmupedia adalah indihomestudy. com, cambrigeenglish. org, pijarmahir. id, pijarsekolah. id, infomedia. id, elearning. gurudaringmilenial. id, serta melajah. id.

Paket Ilmupedia E-learning Session ini sudah tersedia sejak 24 Juli hingga 30 September kelak. Pengguna bisa mengaktifkannya lewat pelaksanaan MyTelkomsel dan mendapatkan kuota sebesar 10GB selama 30 hari.

Sebelumnya, Telkomsel juga menyala sama dengan Kemendikbud menghadirkan Bagian Bantuan Kuota Terjangkau. Paket tersebut berisi kuota hingga 50GB dengan harga mulai dari Rp40 seperseribu. Data ini bisa diaktifkan mencuaikan aplikasi MyTelkomsel atau menghubungi menu akses *168#.

“Dalam hal ini agar bisa ada paket data yang ramah karung siswa hingga mahasiswa. Apalagi situasi sekarang kondisi ekonomi kita betul tertekan karena banyak siswa/mahasiswa yang orangtuanya mengalami dampak dari pandemi COVID-19, sehingga tidak bisa membayar kuliah, bahkan ada yang tidak sanggup membeli pulsa, ” membuka Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam.

Sementara tersebut, Direktur Sales Telkomsel Ririn Widaryani mengungkapkan jika kerja sama tersebut akan menyediakan sejumlah paket, tiba dari regular hingga CloudX. “Harapannya bisa menjangkau lebih luas, menjangkau semua segmen siswa/mahasiswa. Ada lebih dari 4. 700 perguruan agung menikmati layanan Telkomsel dengan kuota khusus, ” tutur dia.