Adang-adang Jumbo Samsung Hadir di Indonesia, Maunya Pasar atau Aji Mumpung?

VIVA   –  Samsung alhasil resmi membawa layar dekstop gaming Odyssey G7 dan G9 ke Indonesia. Layar jumbo ini sebelumnya telah dirilis secara global dalam pertengahan Juni 2020. Mau terang harganya?

Untuk Samsung Odyssey G7 dibanderol Rp12 juta dan Odyssey G9 sampai Rp25 juta. Wow! Meski begitu, Head of Display Business Samsung Electronics Nusantara, Ellya, mengklaim banyak masyarakat Nusantara yang berminat untuk membeli adang-adang tersebut.

Berdasarkan petunjuk dari Newzoo Consumer Insight bahwa ada 21 persen pengguna internet berlaku game di PC atau dekstop. Samsung mengartikan akan semakin penuh gamer yang beralih dari layar kecil ke yang lebih besar.

Oleh sebab itu, raksasa teknologi Korea Selatan menargetkan siapapun mereka dengan menyukai game. “Karena, sudah cukup banyak yang bertanya kapan dekstop-nya dibawa ke Indonesia. Kita antre untuk bisa dapat unitnya. Mudah-mudahan bulan depan sudah ready stock , ” sirih dia, Jumat, 24 Juli 2020.

Yup, Samsung Electonics Indonesia mengaku jika kedua adang-adang tersebut bisa dipesan pada 1-14 Agustus 2020.

Lamun demikian, Ellya mengingatkan bahwa ke-2 dekstop ini jumlahnya sangat terbatas meski dirinya tidak menyebutkan secara gamblang jumlah unit yang hendak dijual di Tanah Air.

“Industri game terus berkembang pesat di semesta dunia, tak terkecuali Indonesia jadi salah satu pangsa pasar mulia di Asia Tenggara yang memanifestasikan pendapatan hingga US$1, 1 miliar (hampir Rp16 ribu triliun) tahun 2019, ” jelas Ellya.

Samsung Odyssey G7.

Istimewa Samsung Odyssey G9, Ellya menyuarakan tidak hanya ditujukan bagi gamer semata tetapi juga bisa digunakan untuk para pembuat konten ( content creator ), editor video sampai desain grafis.

Selain itu, dia mengungkapkan, setiap pemesanan Samsung Odyssey G9 akan mendapat satu set gaming aksesori senilai Rp6 juta. Soal spesifikasi, Samsung Odyssey G9 memiliki layar 49 inchi dengan lengkungan 1000R.

Kemudian, dekstop ini memiliki refresh rate 240Hz serta kualitas gambar putusan DQHD. “Teknologi Quantum Dot dalam perangkat membuat dekstop menampilkan warna yang lebih jelas dengan penguasaan sRGB hingga 125 persen. Tersebut kelas tertinggi dari tingkatan warna, ” klaim Ellya.

Infinity Core Lighting membuat unit bisa menghadirkan 52 warna dan lima opsi pencahayaan di buntut layar. Samsung Odyssey G9 pula memiliki waktu respons 1 ms. Layar ini juga didukung NVidia G-Sync Compatibility dan Adaptive Sync.

“Dekstop Samsung Odyssey G9 bisa diputar, dimiringkan, dan disesuaikan ketinggiannya. Jadi fleksibel mendaftarkan kebutuhan pengguna dalam mengatur gaya layar, ” ungkapnya.

Sedangkan, Samsung Odyssey G7 memiliki dua ukuran layar, 32 inchi dan 27 inchi, dengan kelengkungan 1000R, yang akan membuat sembrono lebih nyaman dan seakan-akan gamer berada di dalam permainan itu.

Perangkat ini memiliki resolusi WQHD dengan 1, tujuh kali kerapatan piksel Full HD dan HDR 600, yang mau membuat pengguna mengetahui setiap detik permainannya secara detail. Samsung Odyssey G7 32 inchi dibanderol Rp13, 5 juta, serta yang 27 inchi harganya Rp12 juta.