Pandemi Paksa Konsumen Cari Info sebab Media Sosial hingga Tur Virtual

VIVA   –  Situasi pandemi Virus Corona COVID-19 yang memaksa masyarakat untuk lebih banyak melenyapkan waktunya di rumah turut berdampak terhadap meningkatnya intensi mereka buat memiliki tempat tinggal sendiri.

Keinginan untuk memiliki hunian sendiri di saat harus bertambah banyak menghabiskan waktu di sendi seperti sekarang ini mayoritas dinyatakan oleh generasi milenial maupun tingkatan Z.

Jika dipandang dari usia responden, maka itu berasal dari kelompok umur 22-29 tahun, di mana 44 tip ingin memiliki rumah sendiri. Lalu, kelompok 30-39 tahun sebanyak 36 persen responden, kelompok 40-49 tarikh sebesar 27 persen responden, & kelompok usia 50-59 tahun cuma 16 persen responden yang ingin punya rumah sendiri.

Portal daring

Country Manager Rumah. com, Marine Novita mengatakan, adanya pandemi COVID-19 yang disertai pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Indonesia tercatat social dan phyisical distancing telah mempengaruhi bagaimana pencari rumah mendapatkan informasi tentang hunian yang akan dibeli.

Menurutnya, sebagian besar responden, yaitu sebanyak 73 persen, memutuskan menggunakan platform media sosial dan 58 persen responden melalui portal properti daring, serta 23 persen responden lainnya memanfaatkan tur virtual maupun video dari properti dengan diincar.

“Saat ini yang paling penting dilakukan adalah mempelajari dulu proses pembelian rumah, membandingkan suku kembang KPR dari berbagai bank penyedia, dan mempersiapkan keuangan pribadi biar sudah siap secara finansial ketika mengambil KPR, ” kata Marine, Kamis, 16 Juli 2020.

Berbagai hal tersebut bisa didapatkan dengan mengakses portal kekayaan sebagai informasi dasar dalam pencarian properti. Selain itu juga mampu dengan menggunakan fitur digital StoryTeller.

Fitur ini menghadirkan pengalaman site visit secara virtual, di tengah pandemi dan social serta physical distancing yang mempengaruhi aktivitas pembelian properti.

Sementara untuk mengetahui informasi seputar infrastruktur wilayah hunian yang menjadi incaran para pencari properti, Marine juga menyediakan AreaInsider ( www.rumah.com/areainsider ) yang meneruskan perkembangan terkini sebuah wilayah.

Mulai dari fasilitas ijmal, infrastruktur, prospek properti, hingga fakta-fakta unik lain yang tidak banyak diketahui masyarakat. Konsumen juga bisa mengetahui perbandingan harga properti di satu lokasi yang sama, program pembangunan infrastruktur di sekitar letak, hingga perbandingan harga dengan tempat lainnya.

Untuk tips dan panduan mencari rumah dengan lebih komprehensif, bisa dengan mendapatkan informasinya melalui situs www.rumah.com/panduan . “Adanya dukungan teknologi seperti StoryTeller membuat calon pembeli properti bisa melakukan survei kekayaan kapan pun dan di mana pun di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang, ” jelas Marine.