Smartphone Rp4 Jutaan Boleh Bangga Mampu Pakai Prosesor 5G

VIVA   –  Qualcomm baru saja mengumumkan peluncuran prosesor atau chipset untuk kelas menengah, yaitu Snapdragon 690 yang menolong teknologi 5G. Hal ini menunjukkan prosesor tersebut sebagai yang perdana menggunakan jaringan terbaru itu dalam seri 6.

Sistem-on-chip terbaru ini ditunjukkan untuk smartphone kelas menengah yang berada di segmen US$300-US$500 atau Rp4, dua juta hingga Rp7, 1 juta, seperti dikutip dari laman Business Standard , Rabu, 17 Juni 2020.

Menurut President Qualcomm Incorporated, Christiano Amon, kehadiran perangkat dengan Snapdragon 690 diharapkan tersedia secara menguntungkan pada paruh kedua tahun tersebut.

Ia juga mengaku jika kehadirkan chipset ini agar 5G bisa lebih mudah diakses untuk lebih dibanding 2 miliar pengguna smartphone pada seluruh dunia.

“Dengan lebih dari 375 desain 5G yang diluncurkan atau hingga saat ini sedang dalam pengembangan menggunakan solusi 5G Qualcomm Technologies, saya memimpin penyebaran 5G di segenap tingkat yang berbeda untuk menghadirkan kamera, artificial intelligence, dan pengalaman gaming generasi selanjutnya yang semakin meluas, ” ujar Amon.

Snapdragon 690 dengan konektivitas 5G memberikan akses superior dalam game multi-player berbasis cloud secara virtual. Selain itu dilengkap secara Qualcomm AI Engine generasi ke lima yang membuat smart camera dan video, penerjemah suara, imaging berbasis AI, dan pengalaman gaming ditingkatkan melalui Artificial Intelligence.

Chipset mutakhir ini juga membawa pengalaman mobile premium, misalnya dukungan 4K HDR serta mengambil foto dengan patokan mencapai 192 megapixel. Snapdragon 690 juga mendukung refresh rate display 120Hz. Selain itu Qualcomm serupa membenamkan Wifi 6 serta Bluetooth 5. 1 untuk Snapdragon 690 5G.

Sejumlah kongsi teknologi itu juga mengumumkan smartphone mereka akan ditenagai oleh Snapdragon 690. Beberapa diantaranya adalah HMD Global, LG Electronics, Motorola, Sharp, TCL, dan Wingtech.

Sebelum masuk ke seri-6, Qualcomm juga telah mendukung penggunaan jaringan 5G untuk prosesor di level lebih tinggi yaitu seri-7 (Snapdragon 765) dan seri-8 (Snapdragon 855 serta 865).