Wujud Peran Perempuan, Dibalik Penerbangan Manusia ke Luar Angkasa

VIVA   – Awak Penerbangan dan Antariksa (NASA) memilih seorang wanita, untuk menjadi pengawas dalam penerbangan manusia ke luar angkasa. Sosok tersebut, adalah Kathy Lueders, yang dikenal berpengalaman memimpin program kru komersial NASA.

Dikutip dari situs TechCrunch, Sabtu, 13 Juni 2020, karirnya menjadi pemimpin di agensi tersebut dimulai dari 2014 hingga puncaknya kemarin pada peluncuran kru mulailah yang menggunakan roket dan pesawat luar angkasa SpaceX.

Ia juga menjadi sosok penting yang menghubungkan NASA dengan perusahaan milik Elon Musk dalam system pengiriman kargo ke Stasiun Luar Angkasa (ISS) menggunakan Dragon dan roket Falcon 9.

Peran barunya ini akan membuat Lueders mengawasi keseluruhannya, seperti SpaceX dan Boeing yang digunakan untuk penerbangan berawak, misi Artemis serta program ambisius NASA untuk membawa wanita pertama lalu pria selanjutnya ke bulan dalam 2024.

Baca juga: Awas, Keseringan Video Streaming Bikin Bentuk Badan Berubah

Ia mendapat jabatan Associate Boss of The Human Exploration plus Operation (HEO). Posisi ini sebelumnya dipegang oleh Doug Loverro yang mengundurkan diri tepat sebelum kru Demo-2 pergi ke luar angkasa.

Rupanya pengunduran dirinya terkait dengan pemberian kontrak untuk program pendarat bulan yang dinilai bertentangan dengan aturan. HEO saat ini dinilai diisi oleh sosok yang tepat.

Lueders berada di pucuk pimpinan. Ia juga beberapa kali membuat pencapaian saat berkarir pada NASA. Sejarahnya juga dikatakan sangat baik dalam bekerja dengan mitra agensi, baik itu SpaceX, Boeing dan lain sebagainya.