Android 11 Beta Hadir, Apa Istimewanya?

VIVA   –  Setelah sempat ada janji perilisan versi Beta dari Android 11, akhirnya Google resmi meluncurkan sistem operasi itu. Peluncuran tersebut tertunda, karena perhatian masyarakat sedang fokus pada isu rasis yang melanda AS.

“Perilisan hari ini terlihat berbeda daripada yang direncanakan. Bukan dalam livestream , kami membagikan sejumlah video dan sumber daya online untuk dikonsumsi   pada waktu yang tepat, ” kata pendahuluan Vice President  Android Engineering, David Burke dalam Blog resmi Om google,   dikutip Jumat, 12 Juni 2020.

Baca juga:   Bocoran Wujud PlayStation 5, Bak Menara Menjulang Tinggi

Android 11 membawa sejumlah pembaruan. Burke menyebutkan tiga update yang mau hadir pada ponsel Android belakang.

1. Komunikasi Lebih Mudah

Menurut Burke, Android 11 hendak memindahkan seluruh percakapan pada penerapan pesan ke ruang khusus dalam bagian notifikasi. Dengan begitu, bakal membuat lebih mudah untuk dilihat, merespons dan mengelola semua permufakatan dalam satu tempat.

“Anda bisa menandai percakapan sebagai prioritas untuk memberikan preferensi, sehingga Anda tidak bakal terlewat pesan penting. Percakapan penting akan muncul di layar, serta bahkan menerobos pengaturan Do Not Disturb , ” ungkapnya.

Sistem berdiam anyar ini memperkenalkan Bubbles. Fitur itu akan membantu pengguna merespons dan terlibat pada percakapan istimewa, tanpa harus bolak balik secara pekerjaan serta aplikasi pesan.

Selain itu, pengguna serupa bisa mengetik menggunakan Gboard di dalam Android 11. Akan ada petunjuk yang relevan secara otomatis untuk emoji dan teks.

2. Cara Baru Mengatur Koneksi Perangkat dan Media

Dengan Android 11, pengguna bisa mengakses lebih segera dan mengontrol perangkat pada kepala tempat. Caranya hanya dengan menekan tombol power .

“Menyesuaikan temperatur, membakar lampu, atau membuka kunci pintu depan bisa dilakukan dengan menekan tanpa membuka beberapa aplikasi, ” ujarnya.

Burke pula menyebutkan, Google memperkenalkan kontrol jalan baru untuk  Android 11. Yaitu dengan membuatnya cepat dan tenteram untuk mengalihkan perangkat audio ataupun video yang sedang dimainkan.

3. Privasi

Burke menyebutkan, bila Android selalu merilis kontrol privasi dan keamanan baru. Dengan sejenis, pengguna bisa memutuskan bagaimana serta kapan data di perangkat mampu dibagikan.

Android 11 memiliki kontrol granular untuk persetujuan yang lebih sensitif. Dengan cuma satu kali izin, pengguna bisa memperbolehkan aplikasi mengakses mikrofon, kamera, atau lokasi dalam satu masa.

“Sebagai tambahan, bila Anda belum menggunakan aplikasi buat jangka waktu yang lama, awak akan ‘ auto-reset ‘ seluruh izin terkait aplikasi dan memberikan notifikasi kepada Kamu hal yang sama, ” tulis Burke.

Dia memasukkan, jika pengguna akan bisa memberikan izin lagi jika membuka pelaksanaan.