Wanita Ini Pergi ke Luar Angkasa dan Laut Terdalam Bumi

VIVA   –  Mantan astronaut Badan Penerbangan & Antariksa (NASA), Kathy Sullivan lulus menyelam ke titik terdalam Dunia, yakni Palung Mariana, yang lumrah dengan sebutan Challenger Deep.

Dilansir dari situs Daily Mail, Rabu  10 Juni 2020, ia menjadi karakter ke-8 yang berhasil mencapai Bak Mariana. Orang pertama adalah sutradara film James Cameron, Don Walsh dan Jacques Picard.

Baca juga:   Konsol Sony PlayStation 5 Meluncur Perut Hari Lagi

Kendaraan pertama & satu-satunya yang bisa mencapai bak adalah LF, dibangun oleh Triton Submarines yang berbasis di Florida. Ciri pada kedalaman tersebut ditandai dengan tekanan yang besar, ketaksaan ekstrem dan suhu yang dekat membeku. Hanya mikroorganisme tertentu yang mampu bertahan di sana.

Sullivan juga pernah lari ke luar angkasa pada 1984, membuatnya menjadi wanita Amerika Konsorsium pertama yang keluar dari orbit Bumi. Setelah keluar dari wadah terdalam di Bumi, ia cepat membandingkannya dengan Stasiun Luar Angkasa (ISS).

“Sebagai seorang ahli kelautan dan astronaut, tersebut adalah hari yang luar pelik, sekali dalam seumur hidup aku. Saya membandingkannya dengan catatan teman-teman saya di ISS, ” katanya.

ISS berada di orbit rendah Bumi, pada ketinggian 254 mil. Namun, LF beroperasi pada kedalaman dekat tujuh mil di bawah latar laut.   ISS beroperasi pada lingkungan tanpa tekanan di ruang hampa udara, sedangkan LF memiliki tekanan yang setara dengan dua. 200 ton.

Penyelaman selesai dilakukan pada hari Minggu lalu, dan tim penyelam akan kembali ke pelabuhan di Tanah Guam pada 15 Juni kelak. LF muncul di bagian daksina Palung Mariana, setelah menyelam dalam Challenger Deep.

LF merupakan kendaraan khusus zona laut dalam yang didanai swasta. Kendaraan ini sanggup pergi ke kedalaman laut berbentuk V, sekitar 20. 000 tenggat 36. 000 kaki. Palung Mariana jadi destinasi eksklusif, karena bertambah banyak orang yang tertarik pergi ke bulan dibanding dasar lautan.