Tersedia Mark Zuckerberg di Gojek

VIVA   –  Gojek baru sekadar mengumumkan raksasa teknologi milik Mark Zuckerberg, Facebook, resmi menjadi investor mereka dalam penggalangan dana fragmen terbaru, di mana menyusul lalu Google dan Tencent yang kembali menyuntikkan dana segar. Ini prima kalinya Facebook berinvestasi untuk perusahaan Indonesia.

Selain Facebook ada juga PayPal. Ramai-ramai sokongan dari investor ini adalah berjalan mendukung misi Gojek dalam membakar pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara, dengan fokus pada servis pembayaran dan keuangan. Layanan dengan dimiliki perusahaan transportasi daring itu adalah Gopay.

Dompet digital ini fokus untuk memajukan akses ekonomi digital bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Mayoritas UMKM di Asia Tenggara masih mengandalkan uang tunai di bertransaksi, karena sebagian besar kelompok di wilayah ini belum memiliki layanan perbankan.

Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo mengatakan, bergabungnya Facebook, PayPal, Google dan Tencent merupakan pengakuan pada mana perusahaan teknologi paling kreatif di dunia melihat dampak tentu Gojek terhadap Indonesia dan Asia Tenggara.

Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo  (kanan).

“Kami mempunyai kesempatan untuk mencapai sesuatu yang betul-betul unik seiring dengan upaya kami mendukung lebih banyak digitalisasi di dunia usaha dan mengisbatkan jutaan pelanggan mendapat manfaat lantaran ekonomi digital, ” ujarnya, Rabu, 3 Juni 2020.

Suntikan dana akan mendukung lebih banyak UMKM menuju digitalisasi, mulai dari usaha mungil dan menengah yang beroperasi pada toko-toko pinggir jalan hingga usaha berskala besar yang ingin menguatkan infrastruktur pembayaran digital.

Sejak diluncurkan pada 2015, Gojek telah membantu ratusan ribu merchant melakukan digitalisasi dan memberikan itu akses kepada lebih dari 170 juta pengguna Gojek di   seluruh Asia Tenggara. Sebagian mulia kontribusi datang dari layanan pengantaran makanan, Gofood.

Lalu layanan pembayaran PayPal juga akan diintegrasikan dengan Gojek. Kedua perusahaan akan berkolaborasi dan membuka kanal bagi para pengguna GoPay ke jaringan PayPal yang terdiri lantaran 25 juta merchant di segenap dunia.