Catat, Ini Jadwal Kemunculan Bulan Penuh Strawberry di Awal Juni

VIVA   – Penggemar astronomi pasti tidak ingin melewatkan peristiwa langit pada Juni mendatang. Salah satunya yang bakal muncul adalah Strawberry Full Moon atau Bulan Penuh Stroberi di dalam Sabtu, 6 Juni 2020.

Dilansir dari situs Mirror , Minggu, 31 Mei 2020, bulan purnama akan terjadi ketika bulan letaknya bertentangan dengan Bumi, dan kemudian diapit Matahari. Posisi ini akan melaksanakan wajah satelit alami Bumi tersebut diterangi Matahari sehingga terlihat sempurna utuh dan terang.

Meskipun mendapat julukan stroberi, tampilannya tidak tampak merah muda ataupun merah seperti buah stroberi. Nama itu dipilih oleh suku-suku asli Amerika, menandakan waktu panen sebab buah telah matang.

“Maine Farmer’s Almanac pertama kali menerbitkan nama-nama buat bulan penuh pada 1930-an. Menurut mereka bulan purnama pada Juni ini adalah nama universal buat setiap suku Algonquin, ” jelas Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA).

Nama ini datang dari musim yang relatif sedikit untuk memanen stroberi di timur laut Amerika Utara. Terkadang disebut juga sebagai Mead Moon atau Honey Moon .

Mead sendiri adalah minuman yang dibuat dengan memfermentasikan madu yang dicampur air, kadang dengan buah-buahan, rempah-rempah atau biji-bijian. Sedangkan Honey Moon berhubungan dengan kebiasaan pernikahan pada 1500-an.

Konvensi menikah ada pada bulan Juni dan kemudian dikaitkan dengan kamar purnama. Beberapa studi menyebut, bercak balik Matahari musim panas pada akhir Juni adalah ketika madu sudah matang dan siap dipanen, baik dari alam maupun sebab sarang.

Menurut akun Instagram @pussainsa_lapan , puncak fenomena akan terjadi di dalam 02: 12 WIB dan mampu disaksikan dari arah Barat Gaya. Bulan purnama periode ini selalu mendapat julukan Hot Moon atau Bulan Panas.