Pemakai Aplikasi Zoom Tak Bisa Lagi Gunakan GIF

VIVA   –  Pengguna aplikasi Zoom tidak bisa lagi menggunakan gambar bergerak di format GIF. Platform video conference tersebut mengonfirmasi, telah menonaktifkan integrasi maklumat Giphy pada fitur chat .

“Setelah langkah teknis dan keamanan tambahan  diterapkan, kami akan mengaktifkan balik fitur ini, ” kata pihak perusahaan, dikutip dari The Verge , Selasa, 26 Mei 2020.

Baca juga:   Ponsel Perdana Samsung Harganya Cuma Rp1 Jutaan, Baterai 5000 mAh

Hilangnya Giphy menjadi bagian dari daftar pembaruan keamanan terbaru untuk platform, patuh pihak Zoom. Update ini termasuk makna berbagi layar, perubahan fungsi mute dan unmute , serta pembatasan login rapat dari beberapa perangkat.

Belum jelas apakah, kebijakan penghapusan fungsi GIF berhubungan dengan pembelian Giphy oleh Facebook. Namun, keputusan ini datang tak lama setelah akuisisi terjadi.

Raksasa teknologi milik Mark Zuckerberg itu harus menggelontorkan uang  lebih dari US$300 juta atau  Rp4, 4 triliun, untuk melakukan akuisisi.

Pembelian itu rencananya akan diintergrasikan ke  Instagram. Tapi, hingga sekarang belum tahu bagaimana akuisisi tersebut mempengaruhi interaksi Giphy dengan platform lain pesaing Facebook, misalnya Twitter, Tiktok, serta iMessage.

Akuisisi ini jelas berdampak besar bagi platform pesaing Facebook. Apalagi,   jejaring sosial tersebut memiliki sejumlah kasus privasi dan keamanan. Pada saat diakuisi Facebook, GIF  Giphy tak memiliki pelacakan tertanam. Selain tersebut,   API-nya tidak memiliki kanal ke data pengguna.

Masalah keamanan sebelumnya juga memangkung aplikasi Zoom, seiring dengan popularitas yang menanjak selama pandemi COVID-19.