Membuat Geger Netizen, Fitur Kamera Masuk Pandang Akhirnya Dihapus

VIVA   –  OnePlus sempat membuat heboh, akibat laporan fitur kamera yang tembus pandang. Sekarang, perusahaan itu akan menonaktifkan sementara filter tersebut pada OnePlus 8 Pro.

Perusahaan asal China itu mengatakan, jika filter Photochrom  tidak bisa melihat di materi tebal. Namun,   OnePlus tetap meminta maaf karena membuat masalah keamanan serta membuat geger pengguna ponsel, dikutip dari The Verge , Selasa, 19 Mei 2020.

Baca juga:   Jadwal Hape Android Rp700 Ribuan: 4G, Fingerprint, Face Unlock

OnePlus mengumumkan kebijakan itu pada laman Weibo resminya. Filter akan dinonaktifkan sementara meniti pembaruan, dalam satu pekan ke depan.

Namun, bagian OnePlus tak merinci apa yang akan diubah pada filter itu nantinya. Perusahaan tersebut juga tak menanggapi komentar lebih lanjut.

Diberitakan sebelumnya, jika trik itu ditemukan oleh pengguna Twitter, Ben Geskin dan video dari kanal Unbox Theory . Kemampuan fiturnya  sangat selektif, misalnya hanya bekerja pada plastik hitam, yang sebenarnya memang tembus pandang dalam cahaya normal.

Untuk mengaktifkannya, cukup dengan membuka aplikasi kamera lulus geser ke penyaring warna Photochrom dan arahkan ke obyek hitam.

Nampaknya, proses kerja filter itu bergantung pada sensor infrared dengan mengumpulkan radiasi  tak terlihat oleh mata manusia. Ternyata, sensor infra merah itu bisa ditemukan di ponsel high-end atau kelas atas.

Bukan hanya OnePlus 8 Pro, sensor yang sama selalu bisa ditemui pada kamera TrueDepth pada ponsel-ponsel terbaru iPhone, yang digunakan untuk memindai wajah dalam fitur FaceID.

Jadi informasi,   OnePlus 8 Memihak dirilis pada 21 April 2020 lalu. Ponsel ini memiliki total lima kamera, satu kamera aliran 16 MP serta empat kamera belakang 48MP+8MP+48MP+5MP.