Bantuan Logistik Ketiban Untung Banyak masa PSBB akibat Virus Corona

VIVA   –  Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena wabah Virus Corona COVID-19 selama Ramadan tahun ini menjadi salah satu peluang ekspansi bisnis jasa pengiriman dan logistik. Lengah satunya Ninja Xpress, yang mengklaim ada kenaikan pengiriman paket semenjak adanya pandemi hingga dua kala lipat dari capaian normal.

Head of Brand Reputation Ninja Xpress, Ribka Pratiwi Sirait, menjelaskan di dalam kondisi normal pengiriman paket mencapai angka 400 ribu kiriman bagi hari ke seluruh Indonesia.

“Semua bisnis logistik aturannya harus berjalan normal di pusat pandemi. Kami mencatat kenaikan besar kali lipat di bulan April, ” kata dia, dalam konvensi pers virtual, Sabtu, 9 Mei 2020.

Ribka menjelaskan pengiriman paket berasal dari kerja sama dengan sebesar lokapasar atau marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, serta mitra UMKM. Namun, ia menjelaskan lantaran perusahaan transmisi dan logistik itu menawarkan transmisi yang tiba esok hari ( next day dan reguler delivery ).

“Untuk layanan ini produk yang banyak dikirimkan lebih banyak ialah barang bukan makanan seperti keluaran fesyen, ” jelas Ribka. Mengikuti Ramadan, ia memperkirakan kenaikan transmisi mencapai 2, 5 hingga 3 kali lipat dibanding hari wajar.

Lihat Juga

Tren kenaikan disebutnya memang terjadi di musim tertentu seperti Harbolnas hingga Bulan berkat dan Lebaran. “Kenaikan biasanya 2, 5 hingga 3 kali ganda. Tapi, untuk Ramadan kali tersebut berbeda karena ada pandemi. Awak belum bisa mengungkapkan target kemajuan, ” papar Ribka.

Perusahaan logistik dengan sudah berdiri selama lima tarikh ini juga telah menyediakan banyak protokol kesehatan untuk menjamin ketenangan ninja, seperti melakukan disinfektasi dan cek suhu agar kinerja pasti baik.

“Untuk menguatkan lonjakan menjelang Hari Raya Idul Fitri, kami juga sudah mendapat dukungan pemerintah karena disediakannya penerbangan untuk logistik. Jadi kiriman paket sampai tepat pada waktunya, ” tuturnya.