Catat! Pada Jam Segini Asteroid Dekati Bumi Saat Buka Puasa Nanti

VIVA   –  Asteroid 2020 HC6 akan menyapa penduduk Bumi pada Sabtu sore ini, 9 Mei 2020 pada pukul 06. 55 EDT atau pukul 17. 55 WIB saat buka puasa bagi umat Islam di Indonesia.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memastikan jika asteroid ini dalam jarak aman ketika mendekati Bumi. Asteroid berukuran sekitar 27 hingga 59 meter dan melewati Dunia dengan kecepatan 6, 05 kilometer per detik.

“Jarak lintasan benda luar angkasa tersebut tiga kali jarak Bumi serta Bulan, ” kata Kepala Lapan, Thomas  Djamaluddin, kepada VIVA , Sabtu, 9 Mei 2020. Ia juga mengatakan jika untuk melihat Asteroid 2020 HC6 melintas sangat sulit karena kelam. Dengan begitu diperlukan bantuan teleskop besar agar bisa melihatnya secara jelas.

Mengutip situs Solarsystem. nasa. gov , Asteroid 2020 HC6 masuk ke dalam bagian Asteroid Apollo, lantaran diameternya dalam atas 16 meter dan suka memotong orbit Bumi, namun Asteroid 2020 HC6 diperkirakan aman nama lain tidak akan menabrak Bumi, taat tabel data NEO Earth Close Approaches milik Badan Penerbangan serta Antariksa (NASA).

Lihat Juga

Sebelumnya, ada dua asteroid sudah melewati Bumi pada 7-8 Mei kemarin. Menurut Thomas, baik Asteroid 2020 HC6, Asteroid 2009 XO dan Asteroid 2016 HP6, tidak berbahaya karena berada pada jeda yang aman dengan Bumi.

“Tidak ada asteroid dengan melintas saat ini yang berbahaya. Semuanya pada jarak aman, ” tegas Thomas. Kendati tidak membahayakan Bumi tetapi Asteroid Apollo pasti dalam pantauan NASA karena bisa menyebabkan kerusakan pada Bumi bila terjadi tabrakan.

Baca berikut Slot Online